saritetep4

ALGORITMA DAN FLOWCHART

Posted on: Januari 14, 2012

ALGORITMA DAN FLOWCHART

 

 

  1. PENDAHULUAN

Pada saat ini kita hidup dalam era teknologi informasi yang dipicu dengan perkembangan yang sangat pesat di bidang ilmu komputer. Hadirnya teknologi informasi tentu saja diawali dengan komputerisasi disegala bidang kehidupan. Sehingga dengan sistem komputerisasi, akses informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini sudah dimanfaatkan disegala bidang misalkan kedokteran, perbankkan,pendidikan.

Peranan komputer di bidang pendidikan telah sangat membantu para siswa dalam memudahkan para siswa dalam memudahkan mempelajari berbagai mata pelajaran, dan memudahkan guru dalam membantu menyampaikan pelajarannya. Di indonesia saat ini internet sudah membudaya dan sudah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan apalagi bagi mereka yang bertempat di kota. Dengan demikian jelas mau tidak mau, komputer akan dan harus menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita tidak bisa menghindar dari kiomputer. Untuk itulah, sebagai calon guru (matematika) mau tidak mau kita harus mempelajari ilmu komputer, dengan kata lain kita harus tau tentang komputer.

Dengan demikian, dengan menguasai ilmu komputer yang terpenting bagi kita sebagai pendidik adalah mampu menggunakan komputer sabagai alat untuk memecahkan masalah. Apakah masalah-maslah pendidikan dan pengajaran, maupun masalah keilmuan dan aplikasi lainnya. Berikut akamn dibahas sedikit tentang struktur ilmu komputer.

 

 

  1. PEMBAHASAN

Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :

  1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program  yang digunakan untuk pembuatan program.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :

 

  1. Input

Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.

 

  1. Output

Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.

 

  1. Proses Pengolahan Data

Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.

 

  1. Penyimpanan Data

Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.

 

Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.

 

 

 

 

 

 

Algoritma

 

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.

 

Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.

 

Algoritmanya :

  1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
  2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
  3. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

 

 

Flowchart

 

Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

 

Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :

 

SIMBOL NAMA FUNGSI
TERMINATOR Permulaan/akhir program
GARIS ALIR

(FLOW LINE)

Arah aliran program
PREPARATION Proses inisialisasi/pemberian harga awal
PROSES Proses perhitungan/proses pengolahan data
INPUT/OUTPUT DATA Proses input/output data, parameter, informasi
PREDEFINED PROCESS

(SUB PROGRAM)

Permulaan sub program/proses menjalankan sub program
DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya
ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman
OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

 

 

Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membangun Program

 

Setelah kita mengetahui dan algoritma dari suatu permasalahan tahap berikutnya adalah manyusun program atau tahap implementasi, dan akhirnya melakukan  uji coba terhadap program yang telah disusun. Menyusun program bukan pekerjaan mudah . di samping memerlukan kreativitas yang tinggi, menulis program juga memerlukan wawasan yang luas sebab suatu program pada dasarnya adalah implementasi dari prosedur untuk menyelesaiakn masalah yang menggunakan berbagai disiplin ilmu.

 

Contoh :

 

Buatlah program untuk menghitung luas persegi panjang jika diketahuai panjang dan lebarnya !

  • Analisis masalah : data input yang diperlukan untuk menghitung luas persegi panjang adalah panjang (p) dan lebar (l). Proses perhitungannya adalah Luas = p*l
  • Algoritma :

(1)   Input : panjang*lebar

(2)   Proses : Luas= p*l

(3)   Output : mencetak luas

  • Implementasi

Dengan memperhatikan algoritma di atas, maka bisa disusun program untuk menghitung luas persegi panjang sebagai berikut :

 

{Program menghitung persegi panjang}

{dibuat Kusmiyati Fibri Ana Sari}

{dengan turbo pascal}

Uses crt;

Program_Luas_Persegi_Panjang;

Var p,l, luas: real;

Begin

Clrscr;

Writeln(‘PROGRAM LUAS PERSEGI PANJANG’);

Write(‘input panjang = ‘); readln(p);

Write(‘input lebar = ‘); readln(l);

Luas := p*l;

Writeln(‘Luas Persegi Panjang = ‘, luas);

Readln;

End.

 

Selamat mencoba program yang lain sesuai degan kreativitas…!!!

 

Sumber :

Murtiyasa, Budi. 2006. PEMOGRAMAN DENGAN TURBO PASCAL, Surakarta : UMS press.

Yogiyanto, HM. 1995, Turbo Pascal Jilid 1 dan 2, yogyakarta : Andi offset.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

time

Kalender

Januari 2012
M S S R K J S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Categoris

counter

%d blogger menyukai ini: