saritetep4

SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

Posted on: Januari 14, 2012

SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

 

  1. Pendahuluan

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang diman faatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.Mungkin tak ada yang menandingi Indonesia dalam hal kekayaan alam. Negeri ini begitu melimpah dengan kekayaan alam yang dapat dijadikan sumber penghidupan.

Lingkunan hidup adalah satu-satunya isu global yang mungkin bisa menyaingi isu terorisme. Dibalik dari dampaknya, penataan lngkungan hidup yang semrawut bisa memakan korban lebih besar ketibang aksi terorisme. Banjir, longsor, badai dan puting beliung adalah beberapa contoh bencana alam yang disebabkan adanya gangguan pada lingkungan hidup.

Pemanfaatan sumber daya alam harus berwawasan lingkungan. Kita tidak seharusnya memanfaatkan sumber daya alam yang ada semuanya disekitar kita. Biarpun untuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kita harus menghemat dalam pemakainanya, karena tidak dapat diperbaharui, ataupun kalau bisa dibentuk kembali memerlukan jutaan tahun lamanya.

Berbicara sumber daya alam tentu tak lepas dari peran sebuah teknologi tepat guna untuk sebuah kelestarian lingkungan. Untuk itu, pengusaha harus dapat memilih teknologi dan cara produksi yang bisa memperkecil dampak negatif dari kepada lingkungan. Apalagi jika kita lihat kebijakan penataan ruang daerah dilakukan dengan tujuan untuk mampu menciptakan pemanfaatan ruang wilayah yang berimbang, optimal dan berwawasan lingkungan untuk kepentingan masyarakat luas. Kita tidak dapat menutup mata, bagaimana pemanfaatan teknologi berupa alat berat pada sektor pertambangan, yang secara seporadis membabat habis hutan untuk mencari hasil tambang yang terkadang hasilnya nihil atau 0%. Kepada siapa kita akan bertanggung jawab? Pikirkan apa yang dapat kita tinggalkan untuk generasi mendatang dan apa yang dapat kita katakan kepada mereka.

  1. Pembahasan
    1. Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk mensejahterakan hidupnya.

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (http://id.wikipedia.org).

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam ini dapat diusahakan kembali keberadaannya sehingga dapat dimanfaatkan secara terus-menerus.

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui ataupun dapat diperbaharui dengan wajtu jutaan tahun lamanya untuk membentuk sumber daya alam tersebut kembali.

 

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Sumber daya alam hayati

Sumber daya alam berupa makhluk hidup

  1. Sumber daya alam non hayati

Sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup

 

  1. Konsep Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sangatlah penting melakukan inventarisasi da evaluasi sumber daya alam hayati maupun sumberdaya nonhayati lebih hati-hati dan yang sangat diperlukan bagi pembangunan. Penggunaan  teknologi untuk mengelola sumber daya alam harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat, dengan tetap memberikan memperhatikan keseimbangan dan kelestariannya, sehingga tetap memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat, dengan tetap memperhatikan keseimbangan dan kelestariannya, sehingga memberi manfaat bagi generasi-generasi berikutnya.

Menurut Suryani, dkk sebenarnya kerusakan sumber daya alam dan jumlahnya yang makin terbatas lebih banyak disebabkan oleh faktor-faktor yang berkaitan erat dengan tingkat pertambahan penduduk dan pola penyebaran penduduk yang kurang seimbang dengan jumlah dan penyebaran sumber daya alam, serta daya dukung lingkungan yang kurang memadahi.

Sumber daya alam sebagai modal dasar dalam pembangunan, memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat banyak dengan cara-cara yang digunakan hendaknya dapat memelihara dan mengembangkan potensi alam tersebut.

 

  1. Masalah Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Menurut UU nomor 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup, pengertian pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya suatu zat atau komponen tertentu ke dalam lingkungan sehingga kualitas lingkungan menjadi turun yang menyebabkan lingkungan tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana peruntukannya.

Menurut Sastrawijaya(1991), polutan/zat pencemaran dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :

  1. Zat pencemaran yang bersifat kuantitatif

Zat oencemaran ini terdiri atas unsur-unsur yang secara alamiah telah ada di dalam alam. Misalnya : karbon dioksida, paspor, dan nitrat.

  1. Zat pencemaran yang bersifat kualitatif

Zat ini terdiri atas senyawa-senyawa yang terjadi karena disengaja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalkan : pestisida, deterjen, dan pupuk buatan.

 

Pencemaran berdasarkan sifat dari zat pencemarnya :

  • Pencemaran fisik

Pencemaran yang diakibatkan oleh zat-zat yang berwujud padat, cair, maupun gas.

  • Pencemaran kimiawi

Pencemaran yang diakibatkan oleh zat-zat kikia.

  • Pencemaran biologis

Pencemaran yang diakibatkan oleh makhluk hidup.

 

Pencemaran berdasarkan tempat terjadinya :

1)      Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat terjadi karena faktor alam mupun karena campur  tangan manusia. Contoh faktor alam gunung meletus dan faktor manusia penggunaan CFC maupun kulkas.

2)      Pencemaran air

Pencemaran air merupakan masuknya bahan pencemaran yang melebihi batas ke badan air, seperti sungai, laut, atau bahkan sumur.

3)      Pencemaran tanah

Pencemaran tanah merupakan pencemaran yang menyebabkan kerusakan pada tanah, misalnya menurunnya tingkat kesuburannya dan sebagianya.

4)      Pencemaran Suara

Pencemaran suaraterjadi jika terdapat bunyi gaduh dengan kekuatan di atas 50 dB/desibel ( merupakan ukuran tingkat kebisingan).

 

Dampak Dari Pencemaran Lingkungan :

  1. Keracunan dan Penyakit

Pencemaran udara dapat mengakibatkan keracunan maupun penyakit pada paru-paru manusia. Selain itu, orang yang mengkonsumsi sayur, ikan, ataupun bahan makanan lain yang tercemar dapat mengalami keracunan, bahkan mengalami  rumahkerusakan hati, ginjal, menderita kanker, mengalami kerusakan susunan saraf, bahkan penyakit berbahaya lain.

  1. Punahnya spesies

Adanya polutan di biota darat maupun air dapat menyebabkan jenis hewan tertentu mengalami keracunan, kemudian mati.

  1. Terjadinya efek rumah kaca dan terbentuknya lubang ozon

Penggunaan CFC yang berlebihan maupun pencemaran dari proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang kurang sempurna.

  1. Ganguam keseimbangan lingkungan

Punahnya spesies tertentu dapat mengubah pola interaksi di dalam suatu ekosistem.

  1. Kesuburan tanah berkurang.

Pembuangan pencemaran ke tanah tentunya dapat mengakibatkan kesuburan tanah berkurang sehingga produktivitas lahan pun juga berkurang.

 

  1. Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan Hidup.

 

Pengelolaan lingkungan hidup diorientasikan pada tiga hal penting, yaitu :

  • Pengelolaan terhadap lingkungan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur sumber daya alam sebagai obyek,
  • Pengelolaan terhadap proses-proses yang berlangsung selama pemanfaatan sumber daya lingkungan, dan
  • Pengelolaan manusia sebagai subjek dalam pemanfaatan sumber daya lingkungan.

 

Pendekatan konseptual dalam melakukan pengelolaan liungkunan, yaitu :

  • Pengelolaan sumber daya lingkungan, yang dalam hal ini dipandang sebagai obyek yang perlu diatur pemanfaatanya.
  • Pengelolaan proses-proses fisik, kemis, dan biologis yang terdapat di dalam lingkungan, pendekatan pengelolaannya didasarkan pada teknologi yang tepat guna.
  • Pengelolaan lingkungan sebagai inventaris terhadap proses-proses sosial, ekonomis, dan politis.

 

 

Sumber :

 

Anif, Sofyan, dkk. 1999. Ilmu Alamiah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah Universitas press.

Anonim. Biologi Umum II. Kelompok Kerja Yayasan Studi Kurikulum Biologi. Jakarta: Gramedia.

Sastrawijaya. 1991. Pengantar ke Filsafat Sains. Jakarta : PT Rinerka Cipta.

1997. Undang-undang RI No. 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta : Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup.

http://www.dephut.go.id

http://www.id.wikipedia.org

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

time

Kalender

Januari 2012
M S S R K J S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Categoris

counter

%d blogger menyukai ini: