saritetep4

Materi Kuliah

ANALISA PERMASALAHAN SOSIAL YANG AKTUAL

 “TAWURAN”

Mencari satu permasalahan sosial yang aktual, analisis mengapa bisa terjadi dan berikan solusinya

Masalah Sosial Pendidikan

 

Tawuran merupakan salah satu masalah sosial pendidikan di Indonesia.  Hampir setiap minggu, media massa menyodorkan kepada kita tentang masalah sosial tersebut. Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Segala sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan cara damai, jawabannya pasti dengan tawuran. Bukan hanya tawuran antar pelajar atau warga saja yang menghiasi kolom-kolom media cetak atau elektronik, tetapi aparat pemerintah pun sepertinya tidak ingin ketinggalan pula. Kasus penggusuran tanah di Sulawesi Selatan beberapa waktu yang lalu, yang menyebabkan tawuran antara Satpol Pamong Praja dengan masyarakat adalah bukti dari kearogansian pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi.

Persoalan tawuran tersebut banyak di picu oleh hal-hal yang sepele, misalnya kalah main kartu, saling menggoda wanita,  adanya  interaksi  yang kurang baik antara pihak satu dengan yang lain, dan lain-lain. Perubahan sosial yang diakibatkan karena sering terjadinya tawuran, mengakibatkan norma-norma menjadi terabaikan. Sehingga menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek hubungan sosial.

Oleh karena itu, sistem sosial yang stabil (equilibrium) dan berkesinambungan (kontinuitas) harus senantiasa dipelihara dengan adanya pengawasan melalui dua macam mekanisme sosial, yaitu sosialisasi dan pengawasan sosial (kontrol sosial).

  1. Sosialisasi maksudnya adalah suatu proses di mana individu mulai menerima dan menyesuaikan diri kepada adat istiadat (norma) suatu kelompok yang ada dalam sistem sosial, sehingga lambat laun yang bersangkutan akan merasa menjadi bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  2. Pengawasan sosial adalah, proses yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bertujuan untuk mengajak, mendidik atau bahkan memaksa warga masyarakat, agar mematuhi norma dan nilai.

 

 

Sumber:

KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

time

Kalender

Desember 2016
M S S R K J S
« Jan    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Categoris

counter

%d blogger menyukai ini: